PGN (PGAS) Perluas Jaringan Gas Bumi Ke Perumahan Di Batam

0
579

logo

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) terus memperluas jaringan gas bumi khususnya ke rumah tangga. Kali ini, perseroan memperluas jaringan ke beberapa perumahan di Batam, Kepulauan Riau.

Seketaris Perusahaan PGAS Heri Yusup mengatakan perseroan memiliki target menambah jaringan gas bumi melalui program PGN Sayang Ibu sebanyak 110.000 sambungan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dalam periode 2016-2019.

Adapun, salah satu daerah yang akan diperluas jaringan gas bumi rumah tangganya ada di Batam, Kepulauan Riau. Saat ini PGN melalui anak usahanya PT PGAS Solution sedang membangun pipa sepanjang 10,6 kilometer (km) dengan nilai proyek sekitar Rp 9,08 miliar.

“Pipa-pipa tersebut akan menyalurkan gas bumi ke sekitar 500 rumah yang ada di Perumahan Greenland, Perumahan Kurnia Djaya Alam dan Perumahan Tunas Regency di Pulau Batam. Proyek ini dibiayai perseroan sendiri,” ungkap Heri dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (3/8/2016).

Di saat yang sama, perseroan juga sedang menyelesaikan proyek penugasan dari Kementerian ESDM dengan memasang 4.000 sambungan gas rumah tangga di Batam. Menurutnya, saat ini sudah ada sekitar 750 rumah tangga di Batam menikmati gas bumi dari PGAS.

Selain rumah tangga, perseroan saat ini juga telah menyalurkan gas bumi ke 27 pelanggan komersil seperti hotel dan restoran, serta 39 industri skala kecil hingga besar di Batam. Awal tahun 2016, perseroan juga baru saja menyelesaikan proyek pembangunan jaringan gas bumi sepanjang 18,3 km di Batam.

Proyek pipa gas yang berada di kawasan bisnis Batam ini akan menyalurkan gas bumi ke wilayah Nagoya, Lubuk Baja, dan Jodoh di Batam.”Nantinya infrastruktur pipa gas Bumi ini akan memasok gas ke jasa komersil seperti hotel dan restoran di kawasan Nagoya dan jasa restoran serta industri di Batam,” kata Heri.

Sampai dengan kuartal I-2016, PGAS telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 UKM, mal, hotel, rumah sakit, restoran, serta 1.576 industri skala besar dan pembangkit listrik. Pelanggan PGN tersebut tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

 

LEAVE A REPLY